Music

Selasa, 17 Januari 2017

Santa Agnes



 Santa Agnes
A.Sejarah Santa Agnes
Pada tanggal 15 Mei 1952 Yayasan Freinandemetz yang beralamat Jimerto 18 Surabaya mengajukan ke ins- peksi Sekolah Menengah Per- tama Jatim agar diijinkan untuk membuka SMP Putri Katolik Santa Agnes di Jl. Teratai 2B Surabaya. Bersamaan dengan itu Sr. Gerentra- dis dan Sr. Adelgandis diusulkan untuk menjadi tenaga pengajar di SMP Putri Ka- tolik Santa Agnes. Akhirnya pada Tanggal 21 Juli 1952 SMP Putri Katolik Santa Agnes resmi berdiri dan bertempat di Jalan Teratai 2B Surabaya dan pada tanggal 15 Sep- tember 1952, SMP Putri Katolik Santa Agnes secara resmi diakui oleh Pemerintah berdasarkan Surat Kementrian Pendidikan dan kebudayaan, Inspeksi Sekolah Menengah Pertama No. 5259/SP/IX/52. Pada tahun 1986, SMP Putri Katolik Santa Agnes diakreditasi dan sejak saat itu status berubah menjadi DIAKUI berdasarkan Surat No. 667/J.04.7.4/E.8.85. SK tertanggal 7 September 1986. Pada tahun ajaran 1989-1990 SMP Putri Katolik Santa Agnes menerima siswa putra sehingga sebutan sekolah berubah menjadi SMP Katolik Santa Agnes. Pada tahun 1990, SMP Katolik Santa Agnes diakreditasi kembali dan statusnya meningkat dari DIAKUI menjadi DISAMAKAN berdasarkan Surat No. 1232/1.40/I/1990 tertanggal 8 Oktober 1990. Pada tahun 2002, SMP katolik Santa Agnes diakreditasi kembali dan statusnya meningkat menjadi TERAKREDITASI A PLUS hingga saat ini.

Visi kami
Terbentuknya manusia yang beriman, berkepribadian mandiri serta berpengetahuan yang dalam dan luas.

Misi kami
-Menggali/Menumbuh kembangkan potensi peserta didik.
-Membentuk pribadi yang berkarakter.
-Beriman dalam : Memberi kesaksian tentang nilai nilai hidup Kristianidalam kehidupan      bermasyarakat.
-Menghormati keragaman setiap pribadi.
-Mencintai alam ciptaan Tuhan sebagai proses kehidupan.

Hymne dan Mars Santa Agnes

 


B.Makna logo Santa Agnes
Bentuk Dasar
Parisai empat persegi panjang dengan sisi-sisi yang melengkung keluar dengan contour putih melambangkan nilai kebenaran dan keadilan. Sikap institusi yang selalu siap mempertahankan kebenaran dan kebaikan serta sekaligus selalu ingin berkembang, tetapi dalam keseimbangan, keserasian, dan sejalan dengan batas-batas nilai kebenaran dan kebaikan.

Warna
 1.Kuning dan putih melambangkan identitas katolik (bendera Paus/Vatikan).
2.Biru melambangkan laut atau langit yang berarti hal-hal yang jauh, berkejangkauan tak terbatas, gambaran akan ilmu pengetahuan, teknologi dan budi (seni).
3.Hijau melambangkan hidup, tumbuh, berkembang, kesuburan, dan kesejahteraan.
4.Putih melambangkan kesucian, kebajikan, kebaikan, dan kebenaran.

Salib
Melambangkan KRISTUS sebagai Guru Sejati, dimana penderitaan sekaligus kemenangan dan kegembiraan.
Warna putih melambangkan terang, cerah, gembira . Salib yang putih melambangkan gambaran bahwa belajar / menuntut ilmu itu susah, sukar, berat tetapi menyenangkan.

 Bunga Lilin Gereja
Posisi Salib melatarbelakangi sekuntum bunga Lilia gereja. Kuntum mekernya berwarna putih. Lilia gereja yang mekar berwarna putih menggambarkan usaha dan harapan institusi bahwa puta-putri didik harus tumbuh dan berkembang menjadi manusia berguna, berbudi pekerti luhur.

Tulisan St. Agnes
Nama pelindung sekolah tersusun atas huruf besar dan kecil yang melambangkan sikap tidak membeda-bedakan antara besar dan kecil, kuat dan lemah, kaya dan miskin, pria dan wanita, semua tertampung dalam satu wadah, semua ternaungi dalam satu institusi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar